Tips Mengajukan Kenaikan Gaji - Setiap karyawan pasti ingin sekali naik gaji atau naik jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Namun tidak mudah untuk bisa naik gaji, perlu proses terbilang lama. Padahal kamu sudah bekerja cukup lama dan sudah saatnya bagi kamu mendapatkan kenaikan gaji. Apalagi dalam kondisi saat ini, harga kebutuhan pokok naik drastis dan membuat pengeluaran semakin boros.
Agar bisa melewati masa-masa sulit tersebut, kamu bisa mencoba untuk meminta naik gaji ke perusahaan. Sebelum mengajukannya, pastikan kamu menyimak tips mengajukan kenaikan gaji terlebih dahulu.
Tips Mengajukan Kenaikan Gaji
Besaran gaji karyawan tidak hanya tergantung dari posisi serta tanggung jawab kerja. Tapi juga tergantung dari masa kerja yang sudah kamu habiskan mengabdi pada perusahaan tersebut. Setiap perusahaan sendiri pasti memiliki kebijakannya sendiri dalam memberikan gaji pada karyawannya. Bukan hanya diatur dari kemampuan perusahaan tapi sudah aturannya sudah tertera dalam UU. JIka kamu merasa bahwa sudah saatnya naik gaji bisa menggunakan cara ini;
1. Lebih Tingkatkan Prestasi Kerja
Yang mempengaruhi gaji bukan hanya kinerja yang biasa kamu berikan, tapi juga seberapa tinggi tingkat prestasi kamu miliki. Nah, sebelum meminta naik gaji pastikan terlebih dahulu kamu sudah mempunyai prestasi kerja yang baik. Untuk mendapatkan prestasi terbaik ini, kamu bisa belajar dengan baik atau bekerja lebih keras dari sebelumnya. Jika kamu berhasil mendapatkan prestasi dalam jangka waktu tertentu pertimbangan naik gaji bisa lebih mudah.
2. Berikan Alasan Naik Gaji
Selain dengan meningkatkan prestasi kerja, kamu juga harus memberikan alasan yang kuat mengapa harus naik gaji. Rasanya kurang etis ketika kamu mengajukan kenaikan gaji, tanpa mengetahui kenapa ingin gaji naik. Misalnya kenaikan gaji tersebut bisa membuatmu lebih memajukan perusahaan dengan baik dari sebelumnya. Jadi tidak hanya segi prestasi perlu kamu perhatikan, tapi juga keinginan untuk memajukan perusahaan.
3. Gunakan Waktu yang Tepat
Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan agar keinginan naik gaji lebih mudah, perhatikan waktu menyampaikannya. Waktu menjadi salah satu poin penting bisa tidaknya gajimu naik untuk kedepannya. Karena jika kamu sampaikan bukan pada waktu yang tepat kemungkinan didengarkan oleh atasan lebih kecil. Seperti menyampaikannya ketika atasan sedang bekerja atau membahasnya ketika rapat kemungkinan tidak akan didengar.
4. Menyampaikan dengan Bahasa yang Tepat
Berikutnya pastikan kamu menyampaikan keinginan menggunakan bahasa yang sopan dan tepat. Ketika membicarakan kenaikan gaji kamu berhadapan dengan atasan bukan rekan kerja biasa. Kamu perlu memperhatikan penggunaan bahasa yang baik, memakai intonasi pengucapan yang tepat. Sampaikan dengan arah komunikasi selayaknya atasan dan bawahan, cara ini cukup ampuh untuk meluluhkan hati atasan.
5. Cari Informasi Besaran Kenaikan Gaji
Poin yang paling penting dan harus kamu ketahui sebelum mengajukan kenaikan gaji ketahui terlebih dahulu informasi besaran kenaikan gaji. Cari info gaji yang layak untuk posisimu pada saat ini. Selain itu, ketika mengajukan kenaikan gaji atasan pastinya akan memberikan pertanyaan terkait besaran gaji yang kamu inginkan. Maka dari itu kamu harus mempersiapkannya terlebih dahulu.
Dengan menggunakan sejumlah tips mengajukan kenaikan gaji di atas, proses naik gaji jadi lebih cepat. Tapi jika masih terlalu sulit, mungkin kamu harus mencari pengalaman pada perusahaan lain. Untuk mendapatkan informasi seputar lowongan Surabaya terkini kamu bisa kunjungi Surabaya Karir atau masuk ke Surabayakarir.co.id.